Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) menyelenggarakan Pameran Produk Penelitian pada Jumat (8/11), bertempat di selasar Gedung Engineering Research and Innovation Center (ERIC) Lantai 1. Dalam kesempatan ini, penelitian dari dosen Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) turut ditampilkan. Pameran tersebut antara lain Soft-Robotic Fish yang dirancang untuk meniru mekanisme gerak ikan asli, serta Gameltron 2.0 Evo, sebuah inovasi gamelan elektronik yang tetap mempertahankan pengalaman bermain seperti gamelan tradisional.
Pameran ini berlangsung selama sepekan, mulai Jumat (8/11) s.d. Jumat (15/11), pukul 09.00–15.00 WIB, dan terbuka untuk civitas akademika, mitra kerja sama, serta masyarakat umum.
Penelitian bertajuk Soft-Robotic Fish yang dikembangkan oleh Ahmad Ataka Awwalur Rizqi, S.T., Ph.D., bertujuan untuk merancang, membuat, dan menguji robot ikan yang mampu meniru mekanika dan perilaku berenang ikan asli. Dengan memanfaatkan kemajuan dalam robotika lunak, ilmu material, dan biomimikri, proyek ini membuka peluang besar untuk eksplorasi bawah laut dan pemantauan lingkungan. Robot ini dirancang agar dapat menyatu dengan ekosistem laut tanpa mengganggu keseimbangan alaminya, sehingga relevan untuk aplikasi lingkungan dan pengembangan ilmu robotika.
Soft-Robotic Fish oleh tim peneliti Ahmad Ataka Awwalur Rizqi, S.T., Ph.D.
Inovasi lainnya adalah Gameltron 2.0 Evo, karya tim peneliti DTETI yang dipimpin oleh Ir. Addin Suwastono, S.T., M.Eng., IPM. Gameltron merupakan gamelan elektronik yang tetap mempertahankan pengalaman bermain gamelan tradisional, dengan bentuk fisik menyerupai gamelan asli. Berbeda dari generasi sebelumnya, Gameltron ini dikembangkan menggunakan bahan rotan dan teknologi terkini seperti sound module dan controller. Menurut Addin, inovasi ini didorong oleh keresahan terhadap inovasi gamelan elektronik yang cenderung meninggalkan bentuk gamelan asli yang menjadi ciri khas.
Pelaksanaan kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini mendukung SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur dengan mendorong pengembangan teknologi inovatif seperti Gameltron. Selain itu, kegiatan ini juga relevan dengan SDG 14: Ekosistem Laut melalui kontribusi penelitian Soft-Robotic Fish yang berfokus pada pelestarian lingkungan laut menggunakan teknologi ramah ekosistem. (RAS)