Bahasa Indonesia
English
Webmail@ugm
Webmail@te
Webmail@jteti.gadjahmada.edu

Program Sarjana

Dalam bidang pendidikan, program S1 dikembangkan dengan penekanan kepada penguasaan standar dan praktek-praktek terbaik (best practices) agar lulusannya dapat memasuki sektor industri dengan bekal yang mantap untuk mengembangkan diri.

Prodi S1 Teknik Elektro


Deskripsi Program
    
Program Studi S1 Teknik Elektro mengembangkan sebuah program pendidikan berkualitas yang mampu mempersiapkan sarjana teknik elektro yang memiliki pengetahuan cukup dan mampu mengembangkan keahliannya dalam mengikuti kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa akan dibawa kepada kesadaran bahwa dalam bidang teknik banyak persoalan yang penyelesaiannya tidak hanya satu, dan adalah tugas sebagai sarjana teknik elektro untuk memilih penyelesaian yang dapat dipertanggungjawabkan dari segi keselamatan, ekonomi dan teknis.

Dengan demikian, lulusan Prodi S1 Teknik ELektro memiliki kompetensi tinggi dalam bidang teknik elektro, diantaranya mampu melakukan inovasi di bidang Energi Listrik untuk mengelola energi listrik dengan efektif dan efisien; serta mampu melakukan inovasi di bidang Isyarat dan Elektronika, khususnya bidang telekomunikasi, kendali, dan teknologi elektronik agar dapat beradaptasi dengan laju perkembangan teknologi yang begitu cepat dan mampu bersaing secara kompetitif dengan dunia luar.
    
Program Pendidikan
Prodi S1 Teknik Elektro melakukan penajaman dan pendalaman materi terhadap substansi kajian dengan menawarkan 2 konsentrasi, dimana konsentrasi tersebut tidak bersifat pemisahan secara total antara kedunya. Konsentrasi-konsentrasi tersebut adalah:
1.    Konsentrasi Sistem Tenaga Listrik (STL)
2.    Konsentrasi Sistem Isyarat dan Elektronika (SIE)


Konsentrasi SIE terdiri atas empat subkonsentrasi, yakni
a)    Subkonsentrasi Elektronika
b)    Subkonsentrasi Pengolahan Isyarat
c)    Subkonsentrasi Instrumentasi dan Kendali
d)    Subkonsentrasi Telekomunikasi

Kurikulum
Program ini memiliki komposisi perkuliahan dengan 144 SKS yang normalnya diambil dalam 8 semester.

Program Studi Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi  meluluskan lulusan yang menjadi sumber inovasi yang universal di bidang ilmu Teknologi Informasi dan dapat menghasilkan penelitian yang berguna untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

Komposisi matakuliah dalam kurikulum Teknologi Informasi dirancang untuk dapat memberikan bekal keahlian yang menyeluruh bagi mahasiswa sehingga mereka mempunyai kompetensi dasar untuk semua bidang TI. Sebagai pendalaman (konsentrasi) materi bagi mahasiswa dalam bidang TI, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menentukan konsentrasi yang menjadi pilihannya di antara dua konsentrasi yang ditawarkan.

Kurikulum Program Studi Teknologi Informasi menawarkan dua konsentrasi yaitu Komputer & Komunikasi dan Sistem Informasi. Konsentrasi-konsentrasi tersebut lebih bersifat penajaman dan pendalaman materi dari substansi kajian yang telah diperoleh mahasiswa melalui matakuliah-matakuliah wajib. Pemilihan konsentrasi bagi mahasiswa tidak bersifat pemisahan secara total antara kedua konsentrasi.

A. Komputer dan Komunikasi

Konsentrasi ini merupakan pendalaman bagi mahasiswa untuk  mendapatkan keahlian pada berbagai  substansi kajian yang berkaitan dengan komputer sebagai perangkat komunikasi. Pada konsentrasi tersebut mahasiwa akan mempelajari aspek perangkat keras dan lunak komputer serta teknologi telekomunikasi yang merupakan sarana pendukung utama dalam Teknologi Informasi.

B. Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi membawa mahasiswa untuk lebih mendalami dan mendapatkan keahlian atas aspek-aspek perancangan, implementasi, dan  penerapan sistem informasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Beban studi yang harus ditempuh untuk menyelesaikan program sarjana dalam Program Studi Teknologi Informasi adalah 144 sks yang terdiri atas 132 sks mata kuliah wajib dan 12 sks mata kuliah pilihan. Beban studi tersebut ditempuh dalam waktu 8 semester. Selanjutnya Kurikulum TI 2011 terdiri  atas 144 SKS yang dilaksanakan dalam 8 semester

  Tentang UGM
     Sejarah Singkat
     Visi dan Misi
     Orientasi
     Makna Simbol
  Supporting Unit
     Gama Press UGM
     LPPM
     LPPT
     Library
     PPB UGM
     PSDI
     USTI JTETI
  Arsip dan ICT
     UGOS
     File Sharing
     Repositori Linux
     Kantor Arsip UGM
     Direktori Telp. UGM
     Pendaftaran Email
     Web Hosting
  SIA dan E-learning
     HRIS UGM
     SIA UGM Terpadu
     i-elisa
     Papirus
  Penelitian dan Publikasi
     Jounal
     E-Journal
     JNTETI
  Akademi dan Pelatihan
     Cisco Networking Academy
     Schneider Electric Training
     Microsoft Innovation Center