Bahasa Indonesia
English
Webmail@ugm
Webmail@te
Webmail@jteti.gadjahmada.edu

Program Pasca Sarjana

Dalam Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM terdapat sebuah Program Reguler - Progam S2 Teknik Elektro dengan,Tiga minat studi, yaitu :

1. Minat Arus Kuat, dikelola dalam minat Sistem Tenaga Listrik (STL) yang difokuskan dalam hal pegelolaan sistem energi elektrik secara efisien.

2. Minat Arus Lemah dikelola dalam minat Sistem Isyarat Elektronis yang merupakan penguatan kompetensi atau fokus dalam hal instrumentasi medis serta instrumentasi berbasis PLC, Robotika dan power electronics.

3. Minat Sistem dan Teknologi Informasi, dikelola dalam Minat Teknologi Informasi (MTI) yang merupakan penguatan kompetensi atau fokus dalam hal perancangan, analisis dan pemrograman software berorientasi obyek, basis data, jaringan dan system informasi.


Visi Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM :

Program pendidikan yang membangun pengetahuan dan ketrampilan dalam menerapkan teknologi di bidang Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kendali, Teknik Sistem Komputer dan Teknik Informatika secara harmonis dan holistik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan industrial dan masyarakat, serta dapat berperan aktif dalam usaha mencerdaskan bangsa melalui pemanfaatan teknologi informasi.


Misi Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM adalah : 

1. Mengutamakan profesionalisme dalam segala aspek penyelenggaraan pendidikan.
2. Mengembangkan kemampuan interdisipliner dalam mengembangkan ilmu pengetahuan teknik elektro yang menitikberatkan pada dimensi energi, isyarat dan  inform atika.
3. Menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi di pasar global.
4. Melaksanakan penelitian dan pelayanan di bidang energi, isyarat dan informasi.

Tujuan Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM adalah :


1. Mengantisipasi kebutuhan sumber daya manusia dan tuntutan kualifikasi yang tinggi dalam bidang teknik elektro.
2. Mengembangkan sumber daya manusia yang mampu berpartisipasi dalam pengembangan teknik elektro.
3. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan yang solid dan wawasan yang komprehensif di bidang teknik elektro untuk penyelesaian masalah dalam masyarakat dengan cara-cara penalaran ilmiah.

Sasaran Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM

Sasaran meliputi 2 hal, yaitu : (1) sistem pendidikan program studi, (2) mahasiswa. Sasaran terhadap sistem pendidikan program studi dicapai dengan strategi dua hal :

Dengan pengembangan kebutuhan staf dan dosen berkualifikasi yang tinggi dalam bidang teknik elektro, serta mampu berpartisipasi dalam pengembangan teknik elektro dan teknologi informasi. Tahapan strategi pencapaiannya dapat diuraikan sebagai berikut:

0 Tahun, saat ini sudah banyak dosen yang berkualifikasi S3 atau S2 dengan jabatan yang memenuhi syarat. Saat ini beberapa dosen muda sedang mengikuti studi lanjut untuk S3 baik di dalam maupun di luar negeri.
1 Tahun, beberapa Doctor baru telah menyelesaikan studinya dan bergabung memperkuat staf pengajar di Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM. Selain itu Jurusan Teknik Elektro merekrut dosen-dosen muda dan langsung diberikan tugas belajar untuk studi lanjut.
4 Tahun, diharapkan 80% tenaga pengajar sudah berkualifikasi Doctor. Perekrutan  dosen-dosen muda dan tugas belajar tetap terus dilakukan untuk menambah kualifikasi dosen dan menggantikan yang sudah mencapai purna tugas.
6 Tahun, diharapkan 100% tenaga pengajar sudah berkualifikasi Doctor. Perekrutan  dosen-dosen muda dan tugas belajar tetap terus dilakukan untuk menambah kualifikasi dosen dan menggantikan yang sudah mencapai purna tugas.
8 Tahun dan seterusnya, proses diatas tetap berlangsung. Ada pengembangan tenaga dosen dan staf untuk semakin memperkuat program studi.

Dengan kurikulum. Tahapan strategi pencapaiannya dapat diuraikan sebagai berikut :

0 Tahun : Syarat masuk adalah selain lolos administrasi dan mempunyai level bahasa Inggris dan Test Potensi Akademik sampai level tertentu, juga harus lulus test masuk yang diselenggarakan Program Studi. Dengan diharapkan mahasiswa yang akan belajar di Program Studi S2 Teknik Elektro mempunyai kemampuan minimal yang disyaratkan, sehingga mudah menjalani proses pendidikan yang diselenggarakan.
Semester 1 : Mengambil mata kuliah-mata kuliah umum (wajib). Sesuai tujuannya, setelah lulus mata kuliah-mata kuliah ini mahasiswa mempunyai dasar-dasar untuk analitika. Dari sini mahasiswa yang lebih berprestasi akan mampu membuat karya-karya ilmiah di bidangnya baik nasional maupun international.
Semester 2 : Mengambil mata kuliah-mata kuliah konsentrasi. Setelah lulus mata kuliah-mata kuliah ini mahasiswa mempunyai kemampuan professional di bidang yang dipilihnya. Di semester ini pula mahasiswa dilatih untuk mengungkapkan karya-karyanya melalui seminar-seminar intern dan dapat mempertajam calon penelitiannya dengan adanya mata kuliah metodologi riset.
Semester 3 : Mengambil mata kuliah-mata kuliah pilihan. Mahasiswa berkonsentrasi untuk memperdalam ilmunya (kemampuannya) dalam bidang yang ditekuni, serrta untuk mempertajam ilmu bidang professional dan penelitiannya.
Semester 4 : Thesis. Mahasiswa berkonsentrasi penelitian thesisnya. Untuk mempertinggi mutu tesis, disiapkan aplikasi khusus untuk melakukan monitoring perkembangan pengerjaannya.

Sasaran terhadap mahasiswa pada Program Studi S2 Teknik Elektro FT UGM yaitu :

Mahasiswa diharapkan menjadi sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan yang solid dan wawasan yang komprehensif di bidang teknik elektro untuk penyelesaian masalah dalam masyarakat dengan cara-cara penalaran ilmiah.
Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut :

Lulusan yang mampu bekerja secara professional dibidangnya
Lulusan yang mampu untuk turut berperan serta di dalam penerapan dan pengembangan bidang ilmu.
Lulusan S2 dari Program Studi S2 tidak canggung di dalam pergaulan ilmiah dan/atau profesional.

Dengan adanya syarat kelulusan yang mewajibkan mahasiswa menulis karya ilmiah untuk seminar/konferensi atau jurnal minimal tingkat nasional, diharapkan mahasiswa mampu dan tidak canggung berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmu.

  Tentang UGM
     Sejarah Singkat
     Visi dan Misi
     Orientasi
     Makna Simbol
  Supporting Unit
     Gama Press UGM
     LPPM
     LPPT
     Library
     PPB UGM
     PSDI
     USTI JTETI
  Arsip dan ICT
     UGOS
     File Sharing
     Repositori Linux
     Kantor Arsip UGM
     Direktori Telp. UGM
     Pendaftaran Email
     Web Hosting
  SIA dan E-learning
     HRIS UGM
     SIA UGM Terpadu
     i-elisa
     Papirus
  Penelitian dan Publikasi
     Jounal
     E-Journal
     JNTETI
  Akademi dan Pelatihan
     Cisco Networking Academy
     Schneider Electric Training
     Microsoft Innovation Center