Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Pemaparan Tentang Analytical Thinking, Problem Solving, dan Decision Making


Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada kembali sukses mengadakan kuliah Studium Generale. Pada kesempatan kali ini kuliah mengangkat sebuah tema yaitu Problem Solving and Analytical Thinking dengan menghadirkan pemateri yaitu Bapak Ardya Prahasta yang juga merupakan alumni Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada tahun angkatan 1992. Beliau saat ini menduduki jabatan sebagai Assistant Vice President, Direktorat Human Capital Management, Unit Human Capital Development PT. Telkom Indonesia. Kuliah diikuti sekitar 150 mahasiswa/I Teknik Elektro dan Teknologi Informasi dan dilaksanakan pada Jum’at (02/11/18) di Ruang Kuliah E6 DTETI FT UGM.


Agenda kuliah yang disampaikan oleh pemateri pada kesempatan tersebut membahas mengenai konsep dari analytical thinking and problem solving, teknik analisis yang digunakan, serta pemateri memberikan juga contoh studi kasus mengenai analytical thinking and problem solving dalam hal ini yang ada di PT. Telkom Indonesia. Materi yang pertama yang disampaikan oleh pemateri pada kesempatan tersebut adalah mengenai konsep dari analytical thinking. Analytical thinking adalah suatu proses untuk memperoleh solusi yang tepat pada suatu informasi yang diperoleh. Dari informasi tersebut dilakukan proses break down untuk dilakukan analisis sehingga ditemukan solusi yang tepat. Proses analytical thinking juga berkaitan dengan problem solving dimana hal tersebut adalah suatu tindakan korektif yang dilakukan untuk memperoleh tujuan yang sesuai. Pemateri menjelasakan definisi serta konsep yang dilakukan untuk melakukan problem solving. Setelah kedua teori tersebut dijelaskan secara detail oleh pemateri kemudian untuk semakin memberikan gambaran yang nyata kepada mahasiswa mengenai dua teori tersebut, pemateri kemudian memberikan contoh studi kasus. Studi kasus yang diterangkan adalah studi kasus mengenai analytical thinking yang ada di PT. Telkom Indonesia.


Masih berkaitan dengan topik yang disampaikan pada Studium Generale oleh Bapak Ardya Prahasta, pada Jum’at (09/11/18) Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi kembali mengadakan Studium Generale dengan mengangkat sebuah topik yaitu Decision Making yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Bapak Rahmat Ali Hakim. Beliau juga merupakan alumni Teknik Elektro tahun angkatan 1994. Bapak Rahmat Ali Hakim saat ini menduduki jabatan sebagai Production Planning and Support Manager di Pertamina Hulu Energi. Pemateri mengawali kuliah dengan mengajak berdiskusi para mahasiswa mengenai pengambilan keputusan untuk hal-hal sederhana misalnya memilih maskapai pesawat serta juga mendiskusikan mengenai beberapa kasus terkait pengambian keputusan oleh beberapa perusahaan di masa yang lalu. Pemateri kemudian menjelaskan mengenai 6 langkah yang dilakukan dalam melakukan pengambilan keputusan. Beliau menjelaskan masing-masing langkah yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan. Setelah menjealskan mengenai detaio teori yang ada, Beliau kemudian memberikan sejumlah studi kasus dan mengajak mahasiswa untuk berdiskusi sehingga bisa lebih memahami teori yang telah disampaikan. Materi-materi yang disampaikan dalam Studium Generale ini diharapkan bisa mulai diterapkan oleh mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan karena pastinya mahasiswa sudah mulai menghadapi beberapa hal yang memerlukan kemampuan untuk mengatasi permasalahan dengan melakukan analisis yang tepat serta melakukan pengambilan keputusan secara tepat untuk mencapai goal yang diinginkan.