Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Studium Generale Communication and Presentation Skill


Skill komunikasi dan presentasi merupakan dua hal penting untuk dikuasai karena sangat sering digunakan tidak hanya di bangku kuliah tetapi juga ketika sudah memasuki dunia kerja. Masih banyak mahasiswa yang masih belum menguasai skill komunikasi dan presentasi misalnya saja masih sering gugup ketika melakukan presentasti atau berkomunikasi dengan orang lain. Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM kembali mengadakan kuliah wajib Studium Generale  sesi ke 12 dengan mengangkat topik communication and presentation skill. Materi kali ini disampaikan oleh salah satu alumni Teknik Elektro UGM angkatan 1990 yaitu Bapak Christian Soetanto. Beliau saat ini berkarir di bidang consultant dengan menduduki jabatan sebagai partner/lead consultant di XPG consulting.


Kuliah diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh Bapak Christian ketika maih menduduki bangku kuliah, selain itu Beliau juga memperkenalkan sebuah produk yang diciptakan oleh mahasiswa yang didukung untuk pengembangan produk tersebut.Materi pertama yang disampaikan yaitu mengenai communication. Mahasiswa diajak berdiskusi mengenai definisi komunikasi. Beberapa mahasiswa mengemukakan pendapatnya mengenai definisi komunikasi, seperti yang disampaikan oleh valen yang memaparkan bahwa defisnisi komunikasi adalah proses memberikan informasi tentang sesuatu. Definisi tersebut kemudian ditambahkan oleh Bagas yang mengemukakan bahwa komunikasi merupakan proses interaksi transfer informasi antara minimal 2 pihak. Bapak Christian mengemukakan bahwa menurut riset, sebesar 70% waktu yang dimiliki manusia digunakan untuk berkomunikasi sehingga akan ditemui banyak sekali bentuk komunikasi. Mahasiswa pada sesi kuliah tersebut juga diajak untuk bermain games supaya dapat lebih memahami definisi dari komunikasi. Games yang dimainkan adalah the whisper game dan draw the shape game.


Materi kedua yang disampaikan oleh pembicara adalah presentation skill. Mahasiswa dijelaskan mengenai hal-hal apa saja yang penting untuk dipersiapkan dan dikuasai ketika presentasi serta bagaimana mengatasi hal-hal yang membuat merasa gugup ketika melaksanakan presentasi di depan umum. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang sudah disampaikan. Di akhir sesi, kuliah ditutup dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari Departemen kepada Bapak Christian Soetanto sebagai tanda terima kasih karena telah bersedia membagikan ilmu yang sangat bermanfaat kepada mahasiswa dan semoga materi yang diberikan dapat diterapkan baik ketika masih di bangku kuliah maupun ketika sudah memulai meniti karir di dunia kerja.