Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Telkomday 4, Radar and Telecommunication Technology in Digital Era


Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada Rabu (10/10/28) kembali mengadakan agenda Telkomday. Telkomday merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Departemen dan merupakan salah satu agenda rutin BSO Telecommers Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (KMTETI). Agenda Telkomday pada kesempatan tersebut mengangkat sebuah tema yaitu Radar and Telecommunication Technology in Digital Era. Agenda yang berlangsung di Ruang Kuliah E6 DTETI tersebut diikuti sekitar 50 orang mahasiswa dan menghadirkan 2 orang pemateri yaitu Oktianto Dedi dari Solusi247 dan Assoc. Prof. Dr. Nuray AT dari Anadolu University Turkey dan dimoderatori oleh Bapak Iswandi, S.T., M.Eng.


Materi yang pertama disampaikan oleh Oktianto Dedi dari Solusi247 dengan judul Radar Technology. Beliau pertama-tama memaparkan mengenai definisi Radar. RADAR (Radio Detection And Ranging) adalah cara untuk mendeteksi dan mempelajari target yang jauh dengan mengirimkan sinyal radio ke arah target dan mengamati pantulan gelombang yang dihasilkan. Selain definisi juga dijelaskan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang terkait dengan penggunaan radar. Oktiano Dedi kemudian menjelaskan mengenai Pengembangan Radar OTH Berbasis HFSWR. Radar OTH HFSWR tersebut merupakan kerja sama dari LABS247, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia. Oktianto Dedi juga mengajak mahasiswa nantinya untuk bisa bergabung dalam mengembangkan radar tersebut.


Materi yang kedua disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Nuray AT. Beliau merupakan seorang Associate Professor di Department of Electrical and Electronics Engineering Anadolu University, Eskisehir, Turkey. Pada kesempatan tersebut Dr. Nuray menyampaikan materi dengan judul Analog and Digital Communication. Materi pertama dijelaskan mengenai analog communication yang terdiri dari beberapa sub pembahasan yaitu mengenai elemen dari sistem komunikasi, teknik komunikasi analog dan implementasinya. Materi kedua dari Dr. Nuray dijelaskan mengenai komunikasi digital menggunakan coding.