Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Telcom Day 2, Modern Mobile Communication Technology


 

Alumni kebanggan DTETI DT UGM kembali memberikan kontribusinya untuk meningkatkan kompetensi lulusan DTETI yaitu dengan membagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman di bidangnya masing-masing. Melalui sebuah program dari BSO Telecommerce TI UGM yaitu Telkom Day 2 pada  dengan mengangkat sebuah tema yaitu Modern Mobile Communication Technology, alumni yang saat ini telah berpengalaman khususnya di bidang IT yaitu Anton Dewantoro alumni angkatan 2000, Muhammad Yafi alumni angkatan 2012, dan Priagung Utomo alumni angkatan 1990 memberikan materi dan membagi pengalaman di bidang kerjanya masing-masing.

 

Acara yang diikuti hampir 200 mahasiswa tersebut berlangsung di ruang kuliah E6 DTETI dan dimulai pada pukul 07.30. Pada kesempatan tersebut workshop dimoderatori oleh salah satu Dosen DTETI yaitu oleh Sigit Basuki Wibowo, S.T., M.Eng., Ph.D. Agenda diawali dengan pembukaan oleh MC dan pengenalan pembicara oleh moderator dengan pembacaan CV masing-masing pembicara. Materi pertama disampaikan oleh Anton Dewantoro yang membahas mengenaiBlockchain. Anton Dewantoro saat ini menjabat sebagai Business Development Manager di PT Sandton Sukses Bersama. Anton menjelasakan bahwa definisi dari Blockchain adalah general ledger dimana transaksi dicatat secara permanen dengan menambahkan blok-blok. Blockchain berfungsi sebagai catatan sejarah semua transaksi yang pernah terjadi, mulai dari blok awal mula sampai dengan blok-blok terakhir, oleh karena itu disebut blockchain atau rantai blok. Kegunaan dari blockchain mencakup tiga hal utama yaitu untuk Otentikasi & Verifikasi Data, Manajemen Asset Cerdas, dan Kontrak Cerdas.


Pengembangan untuk aplikasi Blockchain saat ini sudah dilakukan dan salah satunya dinamakan NEM. Penjelasan mengenai NEM ini disampaikan oleh pematri kedua yaitu Muhammad Yafi. Yafi saat ini menjabat sebagai coordinator di NEM Foundation. NEM didesain untuk menjadi ideal smart Blockchain yang aman, cepat, dan terlindungi. Sesi ketiga kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Priagung Utomo yang saat ini menjabat sebagai Group Head (Senior VP) of Pre-Sales di PT. Indosat, Tbk. Priagung menyampaikan mengenai Mobile Cellular Services, Evolution and Near Future Roles. Materi yang disampikan adalah perkembangan teknologi terkait dengan cellular network. Setelah semua materi disampaikan mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan di sesi tanya jawab. Agenda workshop kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari Departemen sebagai wujud terima kasih kepada para alumni yang telah bersedia membagikan ilmu di bidangnya masing-masing kepada mahasiswa.