Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Kuliah Studium Generale Topik Change Management oleh Bapak Yulianta, S.T., M.T.I


Departemen teknik elektro dan teknologi informasi kembali mengadakan kuliah satudium generale pada Hari Jum’at (08/09/17). Kuliah kali ini menghadirkan pembicara dari alumni angkatan 1994 yaitu Bapak Yulianta, S.T., M.T.I. Beliau saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Operasional Layanan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan. Materi yang disampaikan adalah change management.

 

Kuliah dibuka dengan perkenalan oleh Bapak Yulianta, S.T., M.T.I. dan pemaparan tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pentingnya OJK, tugas OJK dan penjelasan mengenai bidang EPK. Mahasiswa kemudian diberikan materi mengenai change management dan aplikasi dari teori change management yang ada di OJK yaitu dengan menjelaskan mengenai perubahan OJK pada masa dulu dan masa sekarang. Setelah dijelaskan mengenai teroinya mahasiswa kemudian diberikan penjelasan mengenai cara-cara untuk mengelola suatu perubahan yaitu terdiri dari 8 tahapan :

Step 1: Establishing a Sense of Urgency

Step 2: Creating the Guiding Coalition

Step 3: Developing a Vision and Strategy

Step 4: Communicating the Change Vision

Step 5: Empowering Employees for Broad-based Action

Step 6: Generating Short-term Wins

Step 7: Consolidate Gains and Produce More Change

Step 8: Anchor New Approaches in the Culture


Di sesi terakhir, Bapak Yulianta, S.T., M.T.I. menjelaskan mengenai budaya kerja yang ada di OJK dengan memberikan gambaran melalui video. Kemudian kuliah ditutup dengan sesi tanya jawab dari mahasiswa serta pembagian buku bertemakan change management kepada mahasiswa yang bias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Bapak Yulianta, S.T., M.T.I.. Bapak Yulianta, S.T., M.T.I. juga memberikan sejumlah buku yang diserahkan kepada Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi untuk menunjang proses pembelajaran yang ada di DTETI.