Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Semarak Lustrum XI DTETI FT UGM


Rangkaian acara perayaan ulang tahun DTETI FT UGM yang ke-55 (Lustrum DTETI XI) telah dimulai pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 lalu. Opening Lustrum DTETI XI merupakan acara Fun Bike dan Family Gathering yang melibatkan segenap warga DTETI, mulai dari dosen, karyawan, hingga mahasiswa. Acara dimulai pukul 06.00 WIB di depan lobby Gedung DTETI. Acara Fun Bike dan Family Gathering diawali dengan pembukaan oleh MC, Ratna Fitri dan Dafi Multazim, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris DTETI FT UGM, Bapak Hanung Adi Nugroho, S.T., M.E., Ph.D. Kemudian dilakukan pemotongan pita sebagai tanda diberangkatkannya peserta Fun Bike, sebanyak 50 orang, dan dimulai sesi Senam Aerobik bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan yang tidak mengikuti Fun Bike. Setelah sesi Fun Bike dan Senam Aerobik selesai, terdapat hiburan live music dan pembagian snack. Acara selanjutnya adalah lomba 17-an yang tentunya sangat seru dan tidak boleh dilewatkan, seperti lomba bakiak beregu, ping pong robot, mewarnai, tampah dan balon, serta makan kerupuk. Tidak hanya mahasiswa, dosen DTETI dan anak-anak juga ikut meramaikan perlombaan. Lomba mewarnai berlangsung di Ruang TD, lomba ping pong robot di depan Ruang Akademik, dan perlombaan lainnya berlangsung di Taman Segi 8. (KMTETI-red).


Agenda selanjutnya dari serangkaian acara Lustrum DTETI XI berlangsung pada tanggal 29 September 2018 yang diisi dengan National Seminar and Workshop serta dilaksanakan pula Grand Final dari 3 kompetisi yang diadakan yaitu National Software Development Competition, National Scientific Writing Competition, dan National Data Science and Data Analytics Competition. Seminar Nasional dan Workshop yang diadakan mengangkat sebuah tema yaitu Peran Big Data Analytics dalam Pengolahan Data Modern. Menghadirkan beberapa pembicara dalam agenda tersebut sebagai pembicara dalam seminar yaitu Meidy Fitranto, CEO & Co-Founder of Nodeflux Teknologi Indonesia; Beno Kunto Pradekso, Founder & CEO of Solusi247; Alex Budiyanto, Chairman of Asosiasi Cloud Computing Indonesia; dan sebagai trainer workshop adalah M.Rizky Alif Yuza, Developer Analyst of Solusi247. Rangkaian acara Lustrum berikutnya yang juga merupakan acara puncak yaitu Reuni Akbar Lustrum DTETI XI. Rangkaian acara Reuni Akbar dimulai dengan agenda sharing alumni dengan menghadirkan beberapa pemateri dari alumni dengan masing-masing mengupas topik yang berbeda-beda. Acara sharing alumni diselenggarakan di Ruang E6 DTETI FT UGM dan berlangsung dengan semarak dan meriah dengan diskusi yang menarik antara mahasiswa dan segenap alumni yang juga ikut hadir menyemarakkan agenda tersebut.


Memasuki puncak acara Lustrum DTETI XI yaitu Reuni Akbar yang diselenggarakan pada Sabtu (27/10/18) di Selasar Barat KPFT dengan agenda launching desa binaan dan buku purna tugas dosen, penghargaan bagi alumni, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, Gala Dinner, serta dimeriahkan pula dengan pentas seni oleh mahasiswa. Acara berlangsuk semarak dengan dihadiri oleh alumni dari lintas angkatan, dosen, karyawan, mahasiswa dan juga dosen serta karyawan purna tugas. Hadir pula beberapa tamu undangan dalam rangkaian acara tersebut yaitu Wakil Rektor  Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Gadjah Mada, Bapak Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto dan juga Dekan Fakultas Teknik Bapak Prof. Nizam, M.Sc., Ph.D. Rangkaian acara reuni akbar diawali dengan opening yang diisi dengan pertunjukkan dari TecnhnoArt kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor  Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Gadjah Mada, Bapak Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto. Sebagai puncak acara Lustrum DTETI XI maka dilangsungkan pula seremoni perayaan dengan pemotongan tumpeng yang dilaksanakan oleh Wakil Rektor  Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Gadjah Mada, Bapak Prof.Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto; Dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Bapak Prof. Nizam, M.Sc., Ph.D.; Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Bapak Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D.; dan Ketua Keluarga Alumni Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada, Bapak Agus Budi Tjahjono. Acara kemudian dilanjutkan dengan launching buku apresiasi untuk Prof. T. Haryono dan Prof. Adhi Susanto, Dosen DTETI FT UGM yang pada tahun ini telah memasuki masa purna tugas.


Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM sebelumnya telah sukses melaksanakan salah satu program kerja yaitu pengabdian untuk desa binaan yang dilakukan di Desa Tanjungharo, Nanggulan, Kulonprogo. Oleh karena itu diselenggarakan pula launching desa binaan KMTETI yang sudah diresmikan pada September 2018 lalu kemudian dilanjutkan dengan acara Gala Dinner dan ramah tamah. Sebelum memasuki closing acara, sebagai apresiasi kepada alumni, dosen, dan tenaga kependidikan, dilaksanakan sesi awarding untuk beberapa kategori yang diberikan kepada alumni, dosen, juga tenaga kependidikan atas dedikasinya dalam mendukung kemajuan DTETI FT UGM. Semoga di usia yang sudah memasuki 55th DTETI FT UGM bisa terus berkembang menghasilkan lulusan yang semakin berkompeten dan dapat turut serta bersinergi membangun Bangsa Indonesia hal ini juga telah diwujudkan dengan beberapa visitasi akreditasi yang telah berlangsung di DTETI FT UGM baik yang bertaraf Nasional maupun Internasional, untuk taraf Nasional DTETI telah sukses dalam visitasi akreditasi BAN-PT dan Program Studi Teknik Elektro dan Teknologi Informasi berhasil mendapatkan predikat A sedangkan untuk taraf Internasional telah berlangsung visitasi akreditasi Internasional IABEE dan ABET yang semoga keduanya juga dapat mendapatkan hasil yang baik sehingga dapat semakin meningkatkan mutu lulusan DTETI FT UGM.