Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Kuliah Modern Leadership dan Priority and Time Management bersama Alumni


Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada kembali mengadakan kuliah wajib Studium Generale pertemuan ke-7 yang diselenggarakan pada Jum’at (19/10/18). Pada kesempatan tersebut DTETI berkesempatan mengundang pemateri dari Alumni Teknik Elektro tahun angkatan 1981 yang telah sukses yaitu Bapak Tonda Priyanto dan Bapak Imam Pradja Leksono. Keduanya merupakan Alumni yang sukses menempuh karirnya di PT. Telkom Indonesia. Bapak Tonda Priyanto saat ini menduduki jabatan sebagai Direktur Utama PT. Telkom Indonesia Satelit sedangkan Bapak Imam Pradja Leksono menduduki jabatan terakhirnya sebelum pension pada September tahun ini sebagai Widya Iswara II Telkom Corporate University Bandung. Materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut yaitu Modern Leadership. Suasana kelas oleh pemateri dibuat berbeda dari biasanya yaitu mahasiswa yang terdiri dari sekitar 146 mahasiswa dibagi menjadi 14 kelompok yang masing-masing terdiri dari 10-11 orang.


Materi pertama disampaikan oleh Bapak Tonda Priyanto, Beliau mengawali materi dengan meminta mahasiwa untuk mendiskusikan atau menceritakan kepada rekan di sebelahnya mengenai cita-cita atau hal yang akan diraih dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Banyak dari mahasiswa yang kedepan memiliki keinginan untuk bisa mendudukui Top Management di suatu perusahaan, oleh karena itu pemahaman mengenai leadership sangat penting untuk ditanamkan sejak di bangku kuliah. Pemateri memaparkan perbedaan antara management dan leadership karena terdapat perbedaan antara menjadi manager dan menjadi leader.  Segala aspek yang berkaitan dengan bagaimana menjadi manager atau leader yang baik, dijelaskan secara detail kepada mahasiswa sehingga kedepan mahasiswa dapat menentukan langkah menjadi seorang manager atau menjadi seorang leader yang baik. Materi juga diselingi oleh beberapa diskusi dan pertanyaan oleh Pak Imam Pradja Leksono dan di akhir sesi, mahasiswa dengan kelompoknya masing-masing diminta untuk membuat sebuah menara dari alat dan bahan berupa 2 lembar kertas koran, gunting, dan selotip. Dengan kerja tim dan arahan dari seorang leader di dalam tim tersebut mahasiswa bekerjasama membangun menara yang kokoh dari kertas koran. Hal ini dilakukan dengan tujuan mahasiswa bisa lebih memahami penerapan dari menjadi seorang leader di sebuajh tim.


Setelah mahasiswa diberikan materi mengenai modern leadership, di pertemuan berikutnya mahasiswa diberikan materi yang masih berkaitan dengan materi modern leadership yaitu materi priority and time management yang diselenggarakan pada Jum’at (26/10/18) dengan menghadirkan pemateri yang juga merupakan alumni DTETI FT UGM yaitu Bapak Bakrun Rusyadi, Alumni Teknik Elektro angkatan 1990. Materi ini mendukung materi yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya karena dalam sebuah tim atau management, seorang manager atau seorang leader harus bisa menentukan prioritas dan melakukan management waktu yang baik. Materi diawali dengan mahasiswa diminta mengisi sebuah form untuk merfleksikan hambatan apa saja yang selama ini dirasakan dalam melakukan manajemen waktu dan harapan untuk bisa mengatasi hambatan tersebut sehingga dapat tercapai manajemen waktu yang baik. Setelah itu pemateri mendiskusikan dengan mahasiswa mengenai refleksi tentang manajemen waktu yang sudah dilakukan dan kemudian melanjutkan mengenai pengertian atau definisi mengenai manajemen waktu dan segala aspek yang terkait di dalamnya terkait juga dengan penerapan manajemen waktu ketika melakukan sebuah project. Setelah menyampaikan materi mengenai manajemen waktu mahasiswa kemudian diberikan pemaparan mengenai prioritas dengan diawali dengan pengisisn activity log untuk merinci aktivitas apa saja yang dilakukan secara rutin dan kemudian mengklasifikasikan skala prioritas dari aktivitas yang dilakukan. Kedua materi yang telah disampaikan mengenai modern leadership dan priority and time management dapat diterapkan oleh mahasiswa di bangku perkuliahan khususnya di organisasi dan juga nantinya ketika sudah memasuki dunia kerja untuk bisa menjadi seorang manager atau leader yang baik.