Alumni
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Career Development Program 2017


Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM telah sukses menyelenggarakan sebuah program baru yaitu Career Development Program. Program ini diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi bekerjasama dengan para Alumni TETI UGM dan ECC UGM yang ditujukan bagi mahasiswa khususnya yang sedang menempuh kuliah di semester 7 (angkatan 2014) yang dilaksanakan menggunakan sistem pendampingan karir oleh para alumni DTETI yang akan disesuaikan dengan minat dan bidang yang dikehendaki oleh mahasiswa. Program ini berupaya untuk menjembatani kebutuhan informasi bagi mahasiswa terkait dengan dunia karir dan sharing pengalaman dari alumni. Melalui program ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam hal perencanaan karir kedepan, mengembangkan soft skills profesional dan membangun network dengan alumni yang profesional di bidangnya. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu (02/12/17) dan Minggu (03/12/17). Sebelum pelaksanaan program ini mahasiswa di Bulan September 2017 telah melalui proses penjaringan minat untuk mengetahui bidang minat karir setiap mahasiswa untuk nantinya akan dikelompokkan ketika pelaksanaan program. Dari hasil penjaringan minat kemudian dijadikan pula sebagai acuan untuk penjaringan alumni yang akan menjadi mentor dalam pelaksanaan program. Alumni yang dipilih adalah alumni yang masih tergolong alumni muda atau 5 tahun setelah kelulusan dengan bidang pekerjaan disesuaikan juga dengan minat mahasiswa.


Hari pertama pelaksanaan program diisi dengan agenda pemaparan tujuan pelaksanaan program oleh Bapak Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Departemen Teknik Elelktro dan Teknologi Informasi FT UGM. Program ini adalah salah satu program yang juga memerlukan peran dari para alumni TETI sehingga pada kesempatan ini juga disampaikan mengenai pengenalan Keluarga Alumni Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (KATETIGAMA) yang diberikan oleh perwakilan dari pengurus KATETIGAMA yaitu Bapak Yudianto selaku Wasekjen KATETIGAMA dan Bapak Lingga Wardhana selaku Ketua Divisi Bakti Kmpus KATETIGAMA. Selain pengenalan KATETIGAMA disampaikan juga sekilas materi mengenai kebutuhan industri global saat ini untuk lulusan TETI. Agenda kemudian dilanjutkan dengan materi self awareness dan career readiness yang disampaikan oleh pemateri dari Engineering Career Center (ECC) UGM yaitu Gita Aulia Nurani, M.Psi., Psikolog dan Ria Aprilia Ariestianie, M.Psi., Psikolog. Memasuki sesi siang, mahasiswa kemudian dibagi menjadi 6 kelompok untuk melakukan proses coaching oleh pemateri dari ECC UGM dengan tujuan mengetahui tentang gambaran yang dimiliki oleh mahasiswa untuk menempuh karir kedepan dan juga persiapan yang sudah dimiliki. Hasil dari proses coaching tersebut akan disampaikan kepada para calon mentor alumni untuk dijadikan bahan dalam proses pendampingan atau mentoring di hari kedua.


 

Agenda Career Development Program di hari kedua adalah mentoring atau pendampingan dari mentor alumni. Alumni yang dihadirkan untuk mengawali program ini sebanyak 8 orang teridir dari 5 orang mentor dengan background pegawai, 2 orang mentor dari bidang wirausaha dan 1 orang mentor dari bidang akademisi. Mahasiswa dibagi menjadi 7 kelompok di ruangan yang berbeda untuk menjalani proses mentoring dari para alumni.  

Setelah mengikuti mentoring dari para alumni mahasiswa mulai memiliki gambaran mengenai capaian karir setelah lulus dan dapat mengetahui beberapa hal yang perlu mereka persiapkan sebelum memasuki dunia kerja serta dapat memperoleh informasi mengenai beberapa perusahaan tempat kerja impian dari para mentor alumni. Pelaksanaan mentoring atau pendampingan ini direncanakan akan terus berlanjut selama 3-4 bulan kedepan dengan sistem pertemuan tidak langsung atau by phone dengan jangka waktu 1 bulan sekali sesuai jadwal yang disepakati mentor dan mentee.